Peran Robotik Dalam Pembelajaran Siswa

Peran Robotik Dalam Pembelajaran Siswa

Secara tradisional umumnya robot dalam pendidikan digunakan sebagai alat bantu menerangkan prinsip ilmu alam dan engineering. Tetapi sebenarnya robot dapat berfungsi lebih dari itu.

Robot dapat memotivasi anak untuk membuat perencanaan, pengerjaan, pencapaian sesuatu, keyakinan, serta mengekspresikan kreativitas.

Robot merupakan tool baru yang kreatif yang bermanfaat dalam proses pendidikan formal (di sekolah) maupun informal melalui pendekatan problem-solving dimana siswa atau anak aktif secara fisik turut serta dalam proses tersebut.

Dengan robot, siswa/anak akan merasakan secara sungguh-sungguh sebagai ilmuwan (scientists), engineer, perancang dan pembangun dibandingkan kalau hanya menggunakan kertas dan pensil.

Pendidikan (edukasi) merupakan sebuah proses interaktif, dan jika lebih banyak tool (alat bantu) yang mampu mendukung proses interkatif antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siwa dengan dunia nyata, maka proses pembelajaran akan lebih menarik dan berarti.

Robotik dan model teknik secara efektif mengintegrasikan pembelajaran matematika, fisika, science, bahasa, perancangan, logika, komunikasi, dan sebagainya.

Robotik dan model teknik dapat sebagai salah satu alat bantu untuk proses pembelajaran anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus karena (antara lain):

  • Kesulitan konsentrasi,
  • Kekurangan kemampuan motorik,
  • Kesulitan membaca,
  • Kesulitan interaksi sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *